Cari Blog Ini

Jumat, 16 November 2018

Aplikasi Format Mata Uang Otomatis dengan Java Visual


Berikut coding Aplikasi Format Mata Uang Otomatis dengan Java Visual

import javax.swing.*;
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
import java.text.NumberFormat; //library untuk format number
import javax.swing.text.NumberFormatter; //lib. untuk number format

class AplikasiFormatMataUang extends JFrame
{
JLabel Ltotal = new JLabel("Total Harga : Rp.");
//deklarasi format uang
NumberFormat Nf = NumberFormat.getInstance();
NumberFormatter Nft = new NumberFormatter(Nf);

//untuk inputan khusus
JFormattedTextField txtotal = new JFormattedTextField(Nft); 
AplikasiFormatMataUang()
{
setTitle("Aplikasi Format Mata Uang");
setLocation(0,0);
setSize(300,120);
setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);

void komponenvisual()
{
getContentPane().setLayout(null);
getContentPane().setBackground(Color.pink);
getContentPane().add(Ltotal);
Ltotal.setBounds(10,10,100,20);
getContentPane().add(txtotal);
txtotal.setBounds(120,10,150,40);
txtotal.setHorizontalAlignment(SwingConstants.CENTER);
txtotal.setFont(new Font(Font.SANS_SERIF, Font.BOLD, 18));
aksireaksi(); //pemanggilan fungsi aksireaksi
setVisible(true);
}
void aksireaksi()
{
//  set banyaknya angka akhir bilangan
Nf.setMaximumFractionDigits(0);
Nft.setAllowsInvalid(false);
}
//////////////////////////////////////////

public static void main (String[] args) 
{
AplikasiFormatMataUang afmu = new AplikasiFormatMataUang();
afmu.komponenvisual();
}}